Talent Hunt, Wujud Inovasi ECC UGM Menjelang Job Fair Agustus 2017

Monday, July 03, 2017 sipulaukelapa 12 Comments

Halo, semuaa...

Gimana liburan dan mudiknya? Lancar?
Selamat bekerja kembali ya. 

Buat yang belum kerja dan masih dalam pencarian udah tau mau daftar kerja di mana? Etdah...kelar liburan ngomongin kerjaan. B e r a a a a t  deh...Haha *peace* 

Hehe abisnya sering banget kan liburan bersama keluarga besar jadi momok karena basa-basi antarkeluarga yang pertanyaannya mudah ketebak tapi tetep menusuk dihati. Hiks. Termasuk pertanyaan “Kerja di mana?”. 

Padahal yang ditanya baru aja berhasil melawati fase ngos-ngosan ngejar sidang skripsi sebelum liburan. Jangankan nyium bau wisuda, lembaran revisi aja belum sempet berkibar di meja karena masih teronggok di dalem ransel yang dibawa waktu sidang. Biarin napas dulu napa sih. Masih bagus kalau tiap pertanyaan diakhiri doa, lha kalau ditambahin “Si Inu belum lulus tapi udah ketrima kerja lho”. Bye!

Pengalaman pribadi ya, Mba? Sedikit ;p. 

Career Days ECC UGM : Pesta Para Pencari Kerja
Ngomong-ngomong soal cari kerja, apakah setelah lulus saya sempat ketar-ketir mencari kerja? Yaiyalah...

Tapi yang saya inget banget, menjelang saya lulus, untungnya di Jogja sudah ada ECC UGM, lembaga career development center dan recruitment service. Meski waktu itu umur mereka baru sekian tahun tapi udah cukup punya nama dihati para jobseeker, termasuk saya hihi. Nah, keberadaan ECC UGM ini salah satu yang mengurangi kegalauan saya dalam mencari kerja. 

Buat Bapak Ibu saya ini cukup mengherankan, karena anaknya ngga pernah beli koran buat mentengin lowongan kerja haha. Yang ada rajin buka web ECC UGM, liat lowongan kerja yang tersedia. Habis disitu udah di-jelentrengin dengan cukup jelas. Perusahaan apa, butuh lulusan apa, syaratnya apa, di tempatkan di mana. Dan yang saya suka, infonya bukan hanya perusahaan di kota-kota besar, namun juga perusahaan lokal di daerah. 

Selain situsnya ini,  salah satu event mereka yang laris – manis ditunggu karena menjadi ajang  pesta para pencari kerja adalah  job fair-nya. Atau biasa dikenal dengan Career Days UGM.
 
Career Days UGM 2017
Event Career Days ini hampir selalu diikuti oleh kurang lebih 50 perusahaan dengan pengunjung rata-rata 20.000 orang.  Meski tergolong event cukup besar namun job fair ini GRATIS!! :D. Dan bisa diikuti oleh semua lulusan universitas dan jurusan baik yang dari Jogja maupun luar Jogja.

Nah, info pentingnya, bulan Agustus 2017 mendatang, ECC UGM bakal kembali menyelenggarakan  job fair ke – 22nya yang bertajuk 22nd Career Days (CD) UGM, pada  Sabtu-Minggu, 12-13 Agustus 2017. Lokasinya di  Jogja Expo Center (JEC), Jalan Raya Janti, Banguntapan, Bantul, DIY, 55281. 

Sejauh ini udah ada 26 perusahaan kece yang berpartisipasi dalam job fair tersebut, di antaranya:
1.  PT PLN (Persero)
2.  PT Paragon Tecnology &  Innovation (wardah)
3.  PT Bank Mandiri (Persero)
4.  DuniaTex
5.  PT Gameloft Indonesia
6.  PT Jaya Konstruksi
7.  Honda Prospect Motor
8.  PT Anugrah Pharmindo Lestari
9.  SGM Klaten
10. PT Indesso
11. PT Sayap Mas Utama (Wings)
12. PT Hutama Karya
13. Samsung R&D
14. KMK Online
15. Lion Superindo
16. PT Digital Alfa Indonesia (uangtemen.com)
17. Amartha Mikro Fintek
18. Unika Parahyangan
19. PT Sayap Mas Utama (Wings)
20. Portcities
21. BRI Syariah
22. PT UT Pandu Engineering
23. PT Sinar Mitra Sepadan Finance (SMS Finance)
24. PT SMS Finance
25. Menarini Indonesia
26.  PT PCI Business Solutions

Kalau menurut saya, alasan kenapa  Career Days selalu ramai dikunjungi itu karena mereka selalu punya agenda lain yang menarik selain proses melamar pekerjaan dan rekrutmen itu sendiri. Jadi, ada berbagai program karir dan pengembangan diri yang diberikan. Wujudnya eksibisi perusahaan, presentasi perusahaan, tes rekrutmen, konseling karir, sampai ada  konsultasi kesehatan juga lho. Lengkap ya! Lagi-lagi semua program ini GRATIS baik untuk member maupun non-member ECC UGM.

APALAGI sekarang ada tambahan sebuah program T E R B A R U yang amat – sangat – inovatif dari ECC UGM, yaitu  Talent Hunt. 

[Untuk segala informasi terkait 22nd CareerDays UGM : perusahaan partisipan, jadwal tes, jadwal presentasi, peta lokasi, dan lain-lain bisa dilihat dimicrositenya. Klik di sini ]


Talent Hunt : Ketika Mencari Kerja Bukan Melamar melainkan Dilamar

Jadi, Talent Hunt ini adalah sebuah konsep baru  Career Days ECC UGM mendatang untuk mengefektifkan proses rekrutmen. Di mana pihak ECC akan menyediakan data milik pendaftar Talent Hunt pada perusahaan untuk dipilih terlebih dahulu sebelum penyelenggaraan job fair. 

Kurang lebih sistemnya akan seperti ini. Ketika kamu mendaftar Talent Hunt, otomatis ECC UGM akan memberikan akses pada perusahaan untuk  melihat CV dan hasil asesmenmu jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan job fair. Tidak hanya data  IPK, nilai TOEFL, universitas asal, dan pengalaman organisasi saja yang dilihat. Namun juga data-data asesmen online dari para member ECC UGM yang meliputi personality style, tes minat karir, hingga english assessment

Data ini yang akan menjadi rujukan perusahaan untuk menilai apakah kamu calon kandidat terbaik untuk posisi yang mereka buka atau tidak. Jika iya, maka mereka akan mengundangmu untuk mengikuti seleksi rekrutmen yang akan digelar pada saat 22nd CD UGM berlangsung. Lebih efektif kan? 

Jadi, apa bedanya Talent Hunt dengan apply online biasa?
Beda dong, ini soal melamar dan dilamar. Jadi, kamu ngga perlu mengklik ‘lamar’ ke perusahaan tapi memiliki kesempatan untuk dilamar oleh perusahaan. Jika kemudian perusahaan melamarmu, maka giliran kamu yang akan menentukan, mau  menerima atau menolak. Jika menerima,  selanjutnya kamu wajib mengikuti seluruh rangkaian seleksi dari perusahaan tsb.

4 Manfaat Mengikuti Program Talent Hunt

Kalau kamu daftar program ini. Akan ada empat manfaat yang bisa kamu dapatkan lho:
1.  Pertama, seluruh hasil asesmen online (personality style, tes minat karir, hingga english assessment) yang diketahui perusahaan akan memudahkan penilaian personalmu selain dari IPK, nilai TOEFL, universitas asal, atau bahkan pengalaman organisasi dan pekerjaan.

2. Kedua, data hasil asesmen online tadi otomatis akan berada dalam pengawasan perusahaan. Coba bayangkan ketika perusahaan bisa melihat sikap kerjamu hanya dari personality style assessment atau bisa melihat potensimu lewat tes minat karir yang kamu jalani, kamu tak perlu susah menjelaskannya saat tes interview, bukan?

3.  Keuntungan selanjutnya adalah kamu tak lagi perlu submit lamaran online ke perusahaan tapi perusahaanlah yang akan melamarmu menjadi kandidat perusahaannya.

4. Dan yang terakhir, kamu akan mendapatkan akses masuk yang berbeda dengan jobseeker reguler yang non-undangan perusahaan. Kamu akan mendapatkan keuntungan untuk masuk job fair tanpa antri.

Manfaatnya bisa dilihat juga di video ini  


Gimana Cara Daftar Talent Hunt?

Program Talent Hunt diperuntukkan khusus untuk member lifetime dan member Career Days yang ingin berpartisipasi dalam job fair Agustus mendatang. Ada dua cara untuk mendaftarnya:
1. Untuk member lifetime, caranya cukup masuk ke akun member kamu dan klik pada banner Talent Hunt.

2. Sedangkan untuk yang belum menjadi member ECC UGM, bisa mendaftar terlebih dahulu dengan mengklik di sini. Nanti akan ada 3 pilihan : Alumni UGM - Alumni Selain UGM - Mahasiswa. Jika sudah memilih yang sesuai, scroll ke bagian bawah, dan ada tulisan DAFTAR. Klik di situ, selanjutnya ikuti instruksi.
 
***
Kesempatan bagus, inovatif, udah gitu daftarnya gampang dan ngga aneh-aneh. Kalau aku sih Yes. Ngga ada ruginya banget buat ikut ini. Tinggal klik...klik...klik...doang padahal manfaatnya lumayan. Semacam mengefektifkan waktu pake banget. Bayangin aja kamu dateng ke job fair dengan tujuan yang jelas, ngga pake antri, dan sampai sana juga masih bisa ikut rangkaian job fair lainnya.


Lagipula, siapa tau jodoh[perusahaan]mu sudah menanti di sana, dan siap melamarmu ;)
 




Salam Semangat, 



Kachan
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
ECC UGM
Instagram : @eccugm
Facebook Page : ECC UGM
Twitter : @eccugm

Khusus untuk edukasi karir dan pengembangan diri bisa dilihat di  
Website: www.careernews.id.
Instagram & Twitter : @careernews 
 FB : Careernews


12 comments:

  1. Dulu pernah ikutan sekali, trus dapet panggilan psikotes sama ex-kantor suamimu di Kalimantan. Tapi skip, karena udah ketrima di kantor lain. Sekarang pengin ikutan lagi, tapi pasti kalah sama anak kinyis2 freshgraduate itu yaaa.. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. oyaa, jadi bagaimanapun kita emang bakal saling kenal ya, mba. kalo kamu lanjut di ex-kantor suamiku. jadi temen kantornya suamiku hehe.

      Delete
  2. Jiper deh kalau ada yang udah diterima kerja sebelum lulus kuliah. Bye mba. Bubyee~ hahaha.. Btw ini job fair nya seluruh indonesia gitu mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lhoo ini justru mempermudah lhoo. ga sesusah itu. tinggal masukin data kita dan kalo ada perusahaan yang cocok sama spesifikasi kita bakal diundang tes ;). jobfairnya di Jogja, tapi boleh diikuti siapapun di seluruh indonesia :)

      Delete
  3. Mantap jika sebelum lulus kuliah udh dpt krja...

    ReplyDelete
  4. aku ga pernah lolos klo lamar via jobfair mba wkwkkwk sedih banjet

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin juga karena dulu kalo jobfair kita yang daftar ya. kadang kan masing awang2 tuh, asal daftar yang perusahaan terkenal atau yang banyak didaftar, sama yang temen2 pada daftar hehe. Padahal blm tentu pas sama yang dicari.

      makanya program talent hunt ini, smacam menjodohkan jobseeker dan perusahaan diawal uhuy XD

      Delete
  5. Wah perusahaannya bagus2. Ada BUMN juga. Anakku harus tau nih. Thanks infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, maaak. Anak2mu, temen anakmu, dan ponakan2mu suruh daftar maaak ;))

      Delete
  6. cie yang dilamar, dilamar siapa tuh mba :v

    ReplyDelete
  7. keren yak, sayangnya di kampusku gaada yang kaya gini. beruntung bagi yang kuliah di kampus2 besar :)

    ReplyDelete