sudah saatnya pulau kelapa punya rumah sendiri

Wednesday, September 03, 2014 qhachan 20 Comments

Mulai bulan puasa kemarin saya kembali rajin nulis di blog. Memang sudah semenjak lama niat membersihkan blog ini dari debu-debu intan muncul. Tetapi lagi-lagi hanya sekadar niat. Agustus kemarin akhirnya niat ini tercapai juga, tak lepas dari energi positif yang ditularkan komunitas-komunitas yang saya ikuti. 

Bicara soal nge-Blog, ada hal yang sedari awal ingin saya lakukan sama blog ini. Saya pengen mendaftarkan nama domain sendiri. Bahkan sejak awal bikin blog ini sebenarnya saya ingin langsung mendaftarkannya. Namun apa daya, keinginan numpang di rumah orang (blogspot) secara gratis masih menjadi mental saya saat itu.

Nah, kalau saya punya nama domain sendiri, kira-kira akan jadi seperti itu.

Tidak semua blogger berminat untuk memiliki nama domain sendiri. Ini memang kembali ke kebutuhan blogger masing-masing. Kalau buat saya, punya nama domain sendiri itu memiliki manfaat lebih:

Yang pertama, keren..Eits, jangan ketawa ya. Tetapi menurut saya punya blog dengan nama domain sendiri itu emang keren hehe.  Rasanya kita bebas, mandiri, dan berjati diri. Aih.


Selain itu,  profesional. Terutama untuk blogger yang memang ingin berkiprah di dunia blogging. Punya domain sendiri itu lebih nampak profesional. Terlebih kita jadi bisa punya email dengan embel-embel blog kita. 

Selanjutnya, kapasitas bisa menyesuaikan kebutuhan kita. Pernah mengalami lemot yang luar biasa ketika akan membuka blog, terutama untuk blog yang berisi foto-foto dan video. Bisa jadi ini karena efek kapasitas domain gratisan kita. Dengan punya domain sendiri kita juga bisa menyesuaikan kapasitas kebutuhan blog kita.

Yang terakhir (ini manfaat buat saya pribadi sih), saya bisa bikin stiker dan pin. Iya, dengan daftar nama domain sendiri alamat blog saya akan semakin pendek. Dari www.sipulaukelapa.blogspot.com jadi www.sipulaukelapa.com. Lumayan berkurang kan. Nah ini akan mempermudah niat saya buat bikin stiker dan pin dengan alamat blog. Sedari dulu saya berencana bikin tapi terkendala alamat yang kepanjangan. Lebih-lebih jika ditulis di pin. Bisa-bisa pin super jumbo. Atau kalau dengan ukuran pin umum, jadinya alamat blog saya yang ngga keliatan. 

Kenapa emangnya saya ngebet banget pengen bikin pin dan stiker dengan nama blog? Itu kembali ke manfaat pertama, biar keren  ;D

 ***

Nah, belum lama ini ada event yang diselenggarakan oleh qwords, salah satu web hosting indonesia. Sayangnya saya berhalangan ikut. Alhasil cuma denger dari cerita teman kalau di event itu banyak dibagikan voucher buat daftar nama domain. Hilang deh kesempatan daftar secara gratis. Gini nih, kalau mentalnya masih setengah. Pengen pindah dari domain gratisan ke nama domain sendiri tapi juga secara gratis. Semoga ada kesempatan lagi :)

Kalau pun belum dapat kesempatan voucher gratis lagi, saya tetap sudah membulatkan tekad untuk punya domain sendiri.
Salam,



Qha
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


20 comments:

  1. Wah semoga bisa segera punya nama domain sendiri ya Mak. Saya juga pengen, bener emang keren, terus kelihatan lebih profesional ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, yuk mak Sofi jugaaa...kita bikin rumah bareng2 hehe :)

      Delete
  2. ayo mak... segera direalisasikan rumah sendirinya :D

    ReplyDelete
  3. Awalnya pakai dot com biar terlihat keren. Eh, sekarang gara2 si dotcom jadi sering dapet Jib review. Alhamdulillah ^^

    ReplyDelete
  4. Mak Ika bikin makin semangat buat bikin rumah baru deeehhh...semoga ketularan juga nanti ahh :*

    ReplyDelete
  5. hihi belum mak, masih prosesss...

    ReplyDelete
  6. jadi pengen juga juga punya domain atas nama sendiri...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya mak, yuuuk punya nama domain sendiri...
      btw ternyata qwords lg ada promo bulan september ini lho. klo mau cek2 http://www.qwords.com/blog/2014/09/01/promo-daftar-domain-baru-bulan-september-2014/ :)

      Delete
  7. Wah...aku juga pengen nih punya rumah baru.... Tapi belum kesampaian nih hingga kini... Alasannya hanya gak pede aja dan gaptek... Kira2 orang gaptek kayak aku bisa profesional gak ya bila punya domain sendiri? Kalau lihat teman2 blogger lain yang sudah hijrah rasanya pengen cepat2 hijrah juga... Ayo Mbak kita luruskan niat dan segera merealisasikannya...agar kita juga bisa eksis seperti blogger keren yang sudah mumpuni... Kalau blog kita sudah terlihat profesional kan job review akan datang dengan sendirinya.... Yuk semangattttt....

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha aamiin..
      mak Rita yuuukkk semangat dan ayo kita hijrah :))

      Delete
  8. domain pake com murah kok mak kalau postingan tetap dari blogspot , cuma 100 ribu setahun . iya saya juag merasa lebih keren pake com hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu, alasan utama biar kereen ;))
      makasih infonya maaak Rinaa

      Delete
  9. bukannya kalau cuma beli domain itu murah ya? kan tinggal domain mapping pakai blogspot. Soal terlihat lebih profesional sih belum tentu juga hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, ini emang akhirnya cm masalah niat yang 'belum' direalisasikan hehe..
      bener bgt sih, tgantung kita maintainnya juga ;))

      Delete
  10. ta dukung dgn full agar segera punya rumah dot kom ya Mbak.

    ReplyDelete
  11. ayoooo mbak blognya segera jadi .com :D

    ReplyDelete
  12. iyaaa, mak sari ;)) *duh ada yg ngingetin lagi*
    makassiihhh bgt :*

    ReplyDelete