Ada Manuk Londo di Jogja

Sunday, September 21, 2014 qhachan 21 Comments





Komplek Grand Cupuwatu
Jl. Solo Km. 11,8 Kalasan, Yogyakarta (daerah Kalasan)

Telp: (0274) 446 9261
                  446 9262
Fax: (0274) 446 9261

www.cupuwaturesto.com 
buka: 10.00 - 22.00 WIB

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Apa yang ada dipikiran ketika mendengar kata 'londo'? 
Kalau saya, yang  langsung ada dipikiran adalah orang londo, sebutan kita untuk orang bule.  Hidung mancung, tinggi, besar, pirang, mata berwarna. Pokoke mesti ganteng or ayu.



Nah gimana kalau yang londo itu manuk. Iya, manuk maksudnya burung. Jadi burung bule gitu? Apakah juga berwujud ganteng or ayu?
Kira-kira kayak gini ini wujudnya.

manuk londo

Terus kenapa disebut manuk londo? Ternyata karena disesuaikan dengan asal muasal dari burung ini yang merupakan asli dari belahan bumi Eropa, tepatnya Perancis.


Nah, kabar gembiranya...hari ini saya dan suami saya R berkesempatan untuk melihat langsung si manuk londo atau yang biasa disebut malon ini. Bukan hanya melihat langsung dong, melainkan juga memakannya.*nyaam*.


Buat yang belum tahu, tempat saya dan R mencicipi malon ini adalah salah satu restoran di Yogyakarta, Cupuwatu Resto. Letaknya di daerah kalasan jalan Jogja-Solo. Jadi malon ini merupakan menu spesial dan khas dari resto ini. Benar-benar khas karena bisa dibilang Cupuwatu Resto adalah pionirnya. Mereka mendatangkan langsung malon ini dari Perancis dan kemudian mengembangbiakannya sendiri khusus untuk memenuhi kebutuhan resto.

Ada beragam menu yang ditawarkan di Cupuwatu Resto ini. Tentu saja menu malon mendominasi. Hari ini saya memesan Malon ala Peking dan Es Teler Cupuwatu. Sedangkan R memesan Malon Bumbu Kuning dan Es Campur Tape Ijo. 

Rasa Malon ala Peking sangat khas peking (iyalah). Rasanya gurih tapi tidak kering dengan sambal pedas dan manis. Enyak. Terlebih biasanya untuk daging burung yang tidak dimasak kering bagian dalamnya kurang berasa bumbu. Tapi bumbu malon peking ini terasa sampai daging dalamnya. Enyaak. Sedangkan untuk rasa Malon Bumbu Kuning sangat gurih dan renyah sampai dalam Enak. Ditambah sambal bawangnya sangat pas di lidah (icip punya suami). Untuk minumannya, es campur tape ijo berisi tape ijo, tape, nangka dan buah chery dengan rasa santan yang kental. Es teler cupuwatu rasanya lebih ringan karena tanpa santan, di dalamnya ada agar-agar, alpokat, kelapa muda, durian, dan cheru. Untuk yang tidak suka durian, bisa request saat memesan :)

Pertama kali dihidangkan, saya sempat merasa takut tidak habis karena ukuran malon memang cukup besar. Yah namanya juga ukuran bule. Eh nyatanya, habis juga, bahkan sampai sempat nggogroti balunge (duh, jawa-nya keluar). Laper apa doyan ya. 

malon bumbu kuning
es campur tape ijo
malon ala peking

es teler cupuwatu
Selain menu tersebut masih banyak varian menu malon lainnya. Harga semua menu malon sama yaitu Rp 27.500,-. Mau tau varian menu malon lainnya, ini nih :

Ada malon BBQ, katanya ini salah satu menu favorit. Rasa bumbu madu maknyus dengan saus BBQ yang mantap. Besok kalau kesini lagi saya mau nyoba yang ini ah.
malon BBQ
 Buat yang suka manis gurih, ada menu malon bakar klaten. Rasa khas tradisional, dihidangkan dengan sambel matang.
malon bakar klaten
Ada lagi menu gudeg malon. Biasanya lauk teman gudeg itu daging ayam/bebek, nah ini diganti malon.Boleh dicoba lho.
gudeg malon
Daaaan, buat para pencinta pedaaaaaaaaaaass ini adalah menu untukmu, malon halilintar. Sebenarnya kemarin saya juga pengen memesan ini, tapi langsung ingat dedek bayi di dalam perut. Takut kepedesan. 
Liat aja wujud penampakkannya yang dipenuhi sambal, menggoda *cess, ngiler*.
malon halilintar
Buat penikmat kuliner yang agak takut sama kolesterol, bisa sedikit tenang. Jadi kolesterol di malon ini lebih rendah dibandingkan bebek. Dan ini sudah berdasarkan hasil penelitian di Laboratorium Pangan Hadil Ternak, Fakultas Peternakan UGM.  

Oh ya, selain menu-menu malon ini Cupuwatu Resto juga menyediakan banyak menu lain, beberapa di antaranya yang sempat saya foto adalah ini. Sedangkan menu lainnya masih banyak dan beragam.

nasi wiwit
nasi kebuli
Bukan hanya makanannya yang khas dan yummy, Cupuwatu Resto juga memiliki tempat yang cozy dan nyaman. Dengan 2 tingkat, bangunan resto ini cukup luas dan besar. Tak mengherankan jika resto ini tidak hanya menyediakan tempat makan, namun juga ruang meeting yang cukup luas. Fasilitas di sini pun cukup nyaman, ada mushola, area parkir, free wifi, dan juga ATM.Satu hal lagi yang penting, kamar mandinya bersih. Jempol.




" Masakannya enak, tempatnya nyaman"

Tak mengherankan jika malon dari Cupuwatu Resto ini mulai menjadi kuliner Jogja yang dicari para penikmat makanan. Bahkan mungkin ke depannya malon menjadi salah satu kuliner khas Yogyakarta.

Buat yang penasaran, monggo mampir. Yang di luar kota? Yuk sempatkan untuk singgah jika ke kota ini  dan nikmatilah menu-menu andalanny:)



Salam Kuliner Jogja



Kachan 

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

21 comments:

  1. burung puyuh kah ini mbak? wah pasti gurih banget....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbaa, semacam burung puyuh bule. versi lebih besaar. .iya gurihh bangeeet..
      klo pas lewat mampir mba ke http://cupuwaturesto.com/ :)) rasakan sensasi si buleee...heeheee

      Delete
  2. krenyes2 manuk londo kalo di goreng,tumpengnya asik nih...
    salam kenal mbk^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mba krenyes2, apalgi yang bumbu kuning itu...krenyess endes abis..
      iya tumpengnya juga pake malon lhooo :D

      Delete
  3. mak kachan kulinernya menarik banget ya..sayang kemaren nggak bisa ikutan ke malon..btw itu kenapa nama suaminya pake inisial R? sukses ya mak semoga juara ntar kalo menang jangan lupa traktir ke malon ya^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hoo iya mak arifah ga bisa ya? kapan2 kuliner ksana sama suami & tayo..
      hahaa, itu biar misterius :))

      aamiin, makasih mak arifah, nanti insyaAllah ditraktir khusus buat tayo aja tapi ya ;))

      Delete
  4. manuk londo Malon gede dan tahan lamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  5. manuk londo artinya burung asing atau burung bule :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh dua2nya mbaa tian, sik pasti bukan manuk lokal hehe

      Delete
  6. ini quail bukan Mbak? Wah kaget banget pas lihat foto-fotonya menggiurkan banget, secara nanti mau PKL di peternakan puyuh. Good luck ya Mbak...

    ReplyDelete
  7. Oh ya Mbak , aku follow blognya ya... follback kalau berkenan. Hihi salam kenal ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah di folbek, makasih, salam kenal juga Sofia :)

      Delete
  8. Huwaaaaa...aku gak ikootttt.....takut di jitak misua bolak balik Jogja - Pwr padahal sih ngilerrrrr..sama Malon dan Lombanya Hiks !

    ReplyDelete
  9. Malon sepeti puyuh besar kali ya.... bentuknya mirip tapi mungkin nggak bisa nelor banyak jadi cepet gemuk untuk dimakan. he he he.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mas..malon memang sejenis puyuh, tapi versi bule Perancis hehe...

      Delete
  10. menggiurkan bgt itu semua makanannya *ngiler*

    ReplyDelete
  11. sambalnya menggodaa...oohh sungguh bikin ngileerrrr tapi sayang yah jauh di jogja..
    kalau main2 kesanaa, mampiirr ahh ^^

    ReplyDelete
  12. Nyasar ning blok malah entuk makanan jee..hmm..##ngeces# Mantap kayaknya,kalo di tempatku menu manuk gemak iku jenenge.hee.. http://desajenggrik.blogspot.com/2012/09/rumah-tri-rt06a.html

    ReplyDelete
  13. Terimaksih atas informasinya berkaitan dengan Ada Manuk Londo di Jogja
    Ditungu kunjungan baliknya

    ReplyDelete
  14. Terimaksih untuk informasinya berkaitan dengan Ada Manuk Londo di Jogja
    Ditungu kunjungan baliknya

    ReplyDelete
  15. Terimaksih atas informasinya mengenai Ada Manuk Londo di Jogja
    Ditungu kunjungan baliknya

    ReplyDelete