sogan batik, rejodani

Wednesday, August 10, 2011 qhachan 0 Comments

SOGAN BATIK, rejodani
senyum komuniti akan mengadakan kegiatan ke tempat ini. Cihhuyyy, saya langsung masang muka pengen dan berniat daftar. Sebenernya saya ga tau pasti ini tempatnya dimana dan seperti apa. Bahkan saya belum tahu pasti keseluruhan kegiatannya nanti apa. Yang bikin naluri ini berkobar-kobar (sumpah ini lebay) adalah karena akan ada kelas nge-Batik ^_^. Sekedar buat pamer, saya ini termasuk salah satu anggota ekskul membatik ketika SMA. Membanggakan bukan? Saya bangga lho. Meskipun akhirnya menyadari tidak ada tanda-tanda bakat ke arah sana. 

Setelah itu akhirnya saya tahu bahwa tujuan senyum kali ini adalah dalam rangka wisata bisnis bersama teman-teman dari panti asuhan Al-Qudus. Rencananya kegiatan ini agar naluri dan keinginan  teman-teman panti untuk berwirausaha semakin membulat.

Jadilah, hari itu saya siap-siap berangkat. Cukup lama mematut diri di kaca sambil mikir mau pakai baju apa ya yang pas?(padahal bingung karena baju di lemari udah pindah ke bak cucian yang harusnya sudah tidak ada di sana). Dan akhirnya blouse putih dan cardigan pink (again) jadi pilihan saya (satu-satunya pilihan maksudnya). 


Kesan Jawa sudah terasa ketika melihat pintunya. Setelah melewati pintunya yang terlihat adalah batik-batik yang berjajar manis khas dengan warna-warna cerahnya. Sepertinya inilah yang menjadi ciri khas batik sogan.


 saya dan koleksi batik sogan
Sembari melihat-lihat batik, saya mulai mencuri-curi lihat harga salah satu gamis batik. Tapi ternyata cukup sulit menemukannya, sampai seseorang berkata" di dalam, bagian belakang baju, mba..".
Itu adalah suara  mba Umi, manajer Sogan. Darinya dan juga beberapa pegawai di sana yang ikut nimbrung saya jadi tahu banyak hal tentang sogan dan kisahnya (duh bahasanya). Begini kisahnya,,
Sekitar 7 tahun lalu,gadis bernama Iva di usianya yang ke 19 berniat untuk membuka usaha. Ia mengawalinya dengan berjulan kue basah yang dititipkan ke pasar-pasar. Lambat laun ia merasa bahwa keuntungan dan tenaga yang dikeluarkan tidak seimbang, dan mulai mencari bisnis lain. Dan sampailah ia akan kesadaran bakat mendesain yang dimilikinya, dan tercetuslah ide membuat batik yang dilakukan bersama temannya. Langkah selanutnya, ia mulai mengemis (istilahnya) ilmu ke para pembatik di Jogja.  Setelah akhirnya merasa mampu membuka usaha sendiri ia mulai  mengajarkan keterampilan membatik pada warga sekitar rumah yang sampai sekarang menjadi pegawainya. Setelah jatuh bangun, akhirnya mba Iva dan batiknya sampai pada posisi sekarang ini. Seorang owner dari  batik sogan, resto sogan, dan juga rumah joglo sogan yang unik. Saking uniknya, rumahnya ini telah beberapa kali menjadi tempat perhelatan pernikahan ( saya  mulai berpikir ke arah sana hehe)
sasaran pembelinya adalah eksekutif muda
batik terbang hehe
Setelah saya, si dokumenter dadakan cukup puas memotret  rumah utama saya beralih ke bagian rumah belakang dimana mba Iva dan suaminya akan membagi kisah tentang succes story mereka. Tetapi sebelum ke sana   saya melewati dapur restonya. unik juga ya
dapur
Mba Iva, Does she look younger than her age?(she's 28)
Keluar dari pintu dapur ini, maka akan terlihat sogan resto, halaman rumput, dan pendopo lagi. Tempat-tempat inilah yang biasa menjadi tempat perhelatan pernikahan.
sogan resto, biasa sebagai tempat gubuk2 resepsi pernikahan 
Kiri Octa- Kanan Suaminya mba Iva @ pendopo belakang
Di pendopo ini mba Iva dan suaminya sharing tentang perjuangan membangun sogan batik dari nol, kurang lebih seperti yang sudah diulas oleh mba Umi tadi. Satu hal yang perlu di catat ketika ingin membangun sebuah usaha bisnis yaitu Istiqamah, atau Konsisten.
sesi photo bersama di pendopo selesai sharing :)
Selain menikmati keindahan sogan,saya dan teman-teman mendapat kesempatan shortcourse batik. Dan dimulailah unjuk gigi pembatik ulung a.k.a Qachan (God, dari namanya aja kok gak pantes ya)
suasana di bengkel mbatik
ular tangga batik pesanan dewi motik
jemur-jemur batik
nah sudah saya bilang bahwa saya ahli hoho
memotret diri sebelum pulang
 Kali ini kembali mengenal batik, budaya nusantara
salam batik Indonesia
Kurnia Kartikawati (KK)

Bagi yang tertarik pada koleksi sogan batik  http://www.sogan-batik.com/

0 comments: