Tentang Kembali Bersahabat dengan Air

Saturday, May 20, 2017 sipulaukelapa 18 Comments

Penghujung 2016 menjadi waktu yang cukup sibuk buat saya. 

Diakhir tahun kemarin itu saya sedang bergelut dengan segala macam persiapan untuk kerja sama dan juga launching produk baru awal tahun di usaha saya.

Dan.

Saya kembali ke dunia kerja. Yang otomatis membuat saya berjumpa kembali dengan ritmenya, yaa segala macam jobdesk, perencanaan-perencanaan, target, dan juga DEADLINE.

Keduanya sama-sama membuat saya  menghabiskan waktu cukup banyak di luar rumah dan cukup intensif di depan layar komputer. Eww!

Eh, tapi saya sih seneng-seneng aja.  

Iya, saya enjoy menjalani kesibukan saya saat itu. Mungkin karena saya menjalani pekerjaan yang saya sukai ya. Meski capek dan menyita waktu tapi banyak senengnya juga. Jadi saya tetap masih haha-hihi. Terlebih si anak wedhok yang sudah di sapih itu jadi lebih kooperatif melihat ibunya wara-wari. Makasih, Dek :*

Hanya saja, segala sesuatu memang butuh seimbang.

Saya yang terlampau excited ternyata lupa memperhatikan hal lainnya.

Akhirnya di awal 2017, saya tumbang.

Iya, fisik saya kalah. Saya mengabaikan asupan buat fisik. Efek kurang memperhatikan kesehatan ini imbasnya memang ngga enak dan juga bikin sedih. Selain sakit dan terpaksa harus istirahat, saya juga harus merelakan memundurkan jadwal launching produk baru dan mencancel beberapa pekerjaan. 

Setelah sembuh. Ngga lama eh saya ambruk lagi. Ke dokter lagi. Agak sehat. Sibuk dikit. Tepar lagi. Hih!

Daya tahan tubuh saya merosot. Saya sampe bosen berobat. Dokternya juga kayaknya bosen ketemu saya. Sampe akhirnya dokter paruh baya yang pelit senyum tapi saya tau beliau baik hati itu, sambil ngasih resep obat nyempilin nasehat:

Mbak ini olahraga aja, seminggu 3x. Udah ngga usah sakit-sakit lagi. Ngga usah minum obat.

JLEB! JLEB!

Ya, Pak Dokter memang benar. Saya kurang banget olahraga. Bahkan dipenghujung tahun itu memang tidak sama sekali. Ini yang bikin daya tahan tubuh saya lemah. Saya ingat betul di 2015 saat saya getol-getolnya berolahraga. Badan terasa lebih fit. Jarang capek. Bisa ngelakuin ini-itu tanpa mudah tumbang. 

***
Kembali Bersahabat dengan Air
Dilalahnya beberapa hari setelahnya Si Unyil nyeletuk “Ibu, aku mau berenang”. 

Lhaah iya, kenapa ngga berenang aja ya” pikir saya. Maksudnya berenang beneran, Karena biasanya kalau nganter anak wedhok berenang kan cuma ikut berenang-berenang unyu di tempat anak-anak. Jatohnya ya cuma nemenin sambil kecipak-kecipuk doang. Ngga beneran olahraga.

Saya langsung peluk si anak sambil bilang "Okee". Dia seneng banget.

Mas Suami pas denger niat ini  juga seneng-seneng aja. Secara dia suka banget main air haha. Rela banget deh buat nganterin. 

Anak seneng, Suami seneng, saya juga. Yeay. 
kembali bersahabat dengan air
Akhirnya  beberapa bulan terakhir saya dan keluarga bikin jadwal rutin buat berenang. Paling ngga seminggu sekali. Lebih dari itu lebih bagus.

Nyatanya memang ada perubahan yang cukup positif, meskipun kalau dirasa-rasa sih jadwal renang kami belum cukup intensif.  Diantara manfaat  berenang yang ada puluhan itu kalau di googling, setidaknya ini yang sudah saya rasakan: 

1. Menguatkan Daya Tahan Tubuh
Awalnya suami yang "ngeh" duluan. 

"Sekarang kamu jadi jarang masuk angin ya"

Ah, iya. Bener.  Saya emang jadi jarang masuk angin. Padahal beberapa waktu terakhir kerjaan saya lebih banyak di outdoor dan tempat-tempat terbuka yang udaranya ga terprediksi. Kalau sebelumnya jangan ditanya deh. Jadwal tiba-tiba merayap atau kena angin dikit langsung masuk anginlah, radanglah, flu-batuklah. Dan sekarang jauh berkurang :).


2. Melatih Pernapasan
Awal mulai berenang kemarin kan saya udah lama banget ngga olahraga. Kerasa banget deh ngos-ngosannya waktu ambil napas. Semakin sering berenang makin kerasa sih perubahannya. Kalau diawal berenang sampe ujung udah ngos-ngosan sekarang kalau bolak-balik lah baru kerasa. Lumayan lah ya hehe.
:)
3. Merilekskan Diri
Nah, yang saya suka dari berenang meski badan kita bergerak semua ngga kerasa capek. Paling ngga, ngga secapek kalo kita melakukan gerakan yang sama di darat. Malah kerasa nyaman dan rileks. Apalagi pas  full mengapung baik terlentang maupun tengkurep. Badan  memasrahkan diri di air, kerasa banget rileksnya.
Konon, memang gerakan di air meningkatkan hormon endorfin di otak sehingga membuat kita menjadi tenang dan nyaman. Sepertinya memang benar :)
rileks dan nyaman
4. Alternatif Rekreasi 
Jika rekreasi disebut kegiatan yang mampu menyegarkan jasmani dan rohani dan menimbulkan kegembiraan maka saya dan keluarga merasakannya. Saya meski hanya perenang santai tetep menikmati main-main di air. Suami dan anak mah ngga usah ditanya. Susah disuruh berenti.

Imbas positif lainnya, kalau dulu olahraga dan rekreasi keluarga beda pengeluaran eh sekarang malah bisa sekali mendayung. Jadi satu. Yup, berenang jadi ajang olahraga plus ajang rekreasi.

Apalagi biaya berenang di Jogja masih sangat terjangkau (Kapan-kapan saya ulas deh). Setidaknya jauh lebih murah dibanding rekreasi ke Mall. Belum buat jajannya, makannya, dan BELANJAnya.

Ya ampun pantesan suami seneng kalau diajak berenang hahaa :D
seneng amat, Bu?
duo anak-bapak yang seneng banget sama air
Memperkuat Asupan yang Alami
Mengingat pesan Pak Dokter buat ngga usah minum-minum obat, selain berenang saya juga jadi cari alternatif lain buat menambah asupan dari dalam. Trus saya ingat waktu saya sering sakit-sakit kemarin Tante saya sempet bilang "Coba deh kamu rajin minum air temulawak biar ngga gampang sakit". Iya, dia bilang begitu karena sudah melakukan dan merasakan manfaatnya. "Kalau ribet ngrebus, beli aja herbadrink", Tante saya menambahkan.

Saya pilih sarannya yang kedua buat beli herbadrink. Dari hasil cari tau akhirnya saya ketemu produknya, Sari Temulawak, yang diproses dengan tetap mempertahankan manfaat alaminya. Dan bener,  memang salah satu manfaatnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Pas banget sama yang saya butuhin sekarang. Trus yang ngga kalah penting juga, tanpa bahan pengawet.  Langsung deh dibeli. Apalagi warna bungkusnya kuning. Warna kesukaan. Berasa dapet bonus deh haha. *Dasar wanita*.

Soal rasa, untuk ukuran minuman herbal dia ngga pahit. Tapi  juga ngga terlalu manis. Manisnya pas.

Minumnya bisa tiap pagi sebelum beraktivitas. Tapi sebenernya sih bebas menyesuaikan kebiasaan masing-masing. Mau pagi, boleh...siang, sore, atau malem...monggo.

Nah, kalau berenang saya juga suka bawa. Awalnya karena di tempat saya renang biasanya dikasih softdrink. Padahal saya lagi mengurangi, apalagi yang bersoda. Akhirnya kepikiran deh buat bawa aja sari temulawaknya kalau berenang.

Lagian praktis juga, tinggal seduh, jadi deh. Ini bisa dibikin pake air dingin maupun panas. Tapi kalau lagi berenang saya suka bikin pake air panas. Maksudnya biar bisa jadi penghangat sebelum atau sesudah berenang gitu. Cocok kaan. 

termos  dan herbadrink yang ngga boleh ketinggalan ;)
berenang dan asupan alami
minuman penguat daya tahan tubuh
Bagi saya membiasakan kembali untuk berenang (olahraga) secara teratur  dan juga memberi asupan alami menjadi kombinasi yang cukup baik untuk daya tahan tubuh saya.

Hidup sehat memang nampak sulit dijalani meskipun manfaatnya jauh di atasnya. Butuh niat yang super kuat dan juga orang-orang terdekat untuk membantu mengingatkan. Lagi-lagi karena kesehatan adalah anugerah yang tak terbeli. Maka untuk yang sedang dan selalu diberi kesehatan, bersyukurlah. 



Salam Bugar,



Kachan 



18 comments:

  1. Bener banget, butuh niat sekuat baja plus orang terdekat saling ngingetin. Kaya sekarang kamu ngingetin akoh #eaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena aku ada untukmu gyeessss #eaaaa

      Delete
  2. Daku juga disaranin buat berenang tapi belum sempat-sempat, pilih olahraga via youtube dulu lah :D
    Btw, herbadrink ini daku tau dari bude di rumah yang rajin minum tiap pagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tp ga cuma ditontonin aja kan yutubnya ;P

      wihii si bude selangkah lbh maju, oyy

      Delete
  3. Lokasi renangnya di mana sih? Serasa private pool punya sendiri, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di tembi rumah budaya, mbaaa ;)

      Delete
  4. Berenang itu semacam melepaskan penat dan beban secara bersamaan. Ketika saya pulang ke rumah, hal yang paling bayak saya lakukan adalah berenang di pantai. Dan itu terus berlangsung tiap hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. lhaaa iya rumahnya deket bgt sama pantai yaa. tp satu yang aku ga suka kalo di laut, asin airnya ;p

      Delete
  5. Bener ya, olah raga itu harus niat banget. Aku termasuk yang jarang olah raga. Padahal kalau mau, badan juga enak. Seperti beberapa waktu lalu ketika aku ikut senam.

    Btw si bungsu tertarik renang dan minta masuk ekstra renang. Setiap selesai tidak mau keluar. Minimal satu jam setelah itu baru mau pulang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo mbaa olahraga lagi dirutinin *selftalk juga*

      ah, bagus tuh. brati udah ada kemauan sendiri dr si anak :))

      Delete
  6. Aku ga sempat2 mau ajakin anakku renang mba padahal emang banyak manfaatnya cuman ya itulah aku dan suami suka malesan hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku jg malesan dasarnya. ayo mbaaa bereenang.

      Delete
  7. Duh aku lagi suka berenang nih, seru banget soalnya main air sambil mengambang, bikin rilex tubuh jadinya

    ReplyDelete
  8. Hi..hi, aku nggak bisa berenang...bisanya main air doang. Btw, kolam renangnya cakep...itu yang di Bantul itu bukan ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. main airnya tp banyak gerak di air mayan menguras energi tnp disadari lho mba, masuk olahraga juga deh kayaknya *moga aku ga maksa ;p*. iya ini bantul, di tembi

      Delete
  9. Aku juga suka minum Herbadrink, seger dan bener sih jadi lebih fit. Pengen berenang tapi kapan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo weekend mak primm. kan sering staycation. Skalian manfaatin fasilitas kolam renangnya ;))

      Delete