SLIDER

Cetaphil Gentle Skin Cleanser : Merawat Kulit dan Lingkunganmu

"Karena merawat kulit wajah juga bagian dari menyayangi sekaligus mempercantik diri"

" Kulit saya sensitif "
 Jawaban yang selalu saya lontarkan jika ada yang bertanya tipe kulit wajah saya.

Kesensitifan ini mulai terjadi ketika saya beranjak remaja. Masa dimana mulai melirik-lirik dan membeli produk skin care terutama pembersih wajah. Namun, sayang hasilnya tidak seindah yang saya bayangkan.  

Waktu itu, yang terjadi muncul jerawat-jerawat di wajah setelah memakai produk tsb kurang dari seminggu. Saya masih nyatai dan meneruskan pemakaian. Eh kok malah jerawat semakin banyak. Bahkan pada akhirnya harus berujung berobat ke dokter. Dari beliau saya tau bahwa kulit saya sensitif dan tidak boleh sembarang memakai produk. 

Setelah sembuh lantas saya sadar? Oh tentu tidak semudah itu. Melihat iklan dan teman-teman menggunakan produk beraneka macam untuk kulit mereka, tentu saja jiwa muda saya kembali pengen dan tergiur. Jadilah, ada sederetan momen berulang coba-coba produk yang selalu disusul oleh jerawat yang muncul hiks. Sampe akhirnya sayapun lelah dan sadar.

Nah, dari hasil bincang dengan Yusti - MUA yang saya tulis di postingan terdahulu, saya mendapat tambahan informasi bahwa salah satu penyebab kulit saya sensitif karena kulit saya campuran antara berminyak dan kering. Pada bagian T (jidat - hidung - dagu) cenderung berminyak, selebihnya cenderung kering. Pemilik jenis kulit ini memang harus lebih waspada dalam memilih make up dan skin care. Tidak bisa memakai produk khusus kulit berminyak karena ada bagian yang kering. Sebaliknya, tidak bisa juga pakai produk kulit kering karena ada bagian yang berminyak.

Menurut dia, sebenarnya ada produk-produk tertentu yang dibuat khusus untuk kulit campuran dan sensitif seperti saya. Tapi karena tidak cukup banyak tentunya saya harus  selektif dan ekstra mencari tahu lebih dahulu.  
 ***
Eh, tidak lama setelah itu saya mendengar tentang Cetaphil Gentle Skin Cleanser. Produk dari Galderma yang digadang-gadangkan cocok untuk semua jenis kulit. Bisa untuk kulit kering maupun kulit berminyak. Wah, bisa jadi kan ini cocok untuk kulit saya yang campuran keduanya - pikir saya saat itu.

Tapi, tentu saja berbekal keinsafan pengalaman sebelumnya, saya tidak mau asal-asal lagi mencoba dong ya. Salah-salah jerawat bisa muncul lagi di wajah. So, saya tetap mencari tahu dahulu  tentang Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini via googling dan juga bertanya pada teman saya yang pernah memakainya. Mulai dari bahannya dari apa, produk dari mana, dan testimoni-testimoninya seperti apa. 

Beberapa review dan survey singkat ternyata memperkuat tentang cocoknya ia untuk kulit sensitif. Akhirnya  saya mantab  memberanikan diri untuk mencobanya sendiri.

 ***

Cethapil Gentle Skin Cleanser

Setelah berhasil mendapatkannya, saya mencobanya selama 2 minggu berturut-turut setiap hari pada pagi dan malam. Sesekali di siang dan sore hari. Selama memakainya saya tidak menggunakan cleanser jenis lain. Lebih pada ingin benar-benar merasakan efeknya. 

Jujur, sehari dua hari setelah pemakaian saya cukup harap-harap cemas. Bahkan saya cenderung menyiapkan mental jika si jerawat muncul. Namun yang saya nantikan tersebut tidak hadir, alhamdulillah :)

Dan ini reviewnya...
 
cetaphil gentle skin cleanser
Packaging-nya berbentuk botol. Kemasannya standar dan tidak neko-neko. Warna badan kemasan putih bersih dikolaborasikan dengan tulisan berwarna biru dan hijau. Menampilkan sisi simple dan fresh

Tutupnya berwarna biru. Desainnya sangat umum. Namun jangan khawatir, tutupnya aman. Setidaknya tidak mudah terbuka atau 'mbleber' meskipun terguncang ketika saya membawanya di dalam tas. Padahal saya suka menaruh tas asal 'brak..bruk..'. #eh

Kemasan yang saya punya berukuran  sedang. Menampung isi sebanyak 125 ml. Tidak terlalu besar namun juga tidak kecil. Masih cukup pas dan tidak memakan tempat kok jika dibawa-bawa pergi dalam tas. Baik untuk perjalanan jauh maupun sekadar hangout cantik.

packaging tampak depan dan belakang
tutup botol kemasan
bagian bawah 
Tekstur - nya semacam gel berwarna putih cenderung bening. Meski cair dan berwujud gel ternyata teksturnya ngga lengket dikulit lho. Terus, karena produk ini disebut tidak ada kandungan parfumnya saya iseng menciumnya untuk membuktikan. Eh, ternyata memang benar ngga berbau. 

Tapi, buat para pemuja busa sabun untuk membersihkan wajah, mungkin akan cukup terkaget dengan ini. Cetaphil ini kandungannya soap - free alias bebas sabun. Jadi bisa dibilang hampir tidak ada busa yang akan muncul ketika kita mengusapkannya diwajah. Tapi jangan salah lho ya, cleanser tanpa kandungan sabun bukan berarti tidak bisa membersihkan dengan baik. Dan setelah memakainya pasti bisa merasakan sendiri keefektifan Cetaphil ini dalam membersihkan kulit. Wajah juga jadi lebih fresh.

tekstur gel
Cara pemakaian - nya. Di petunjuk yang bisa kita temukan di belakang botol dijelaskan, bahwa ada dua cara dalam penggunaanya:
  • Jika dengan air : Tuang gel, usapkan pada kulit wajah, gosok perlahan dan lembut, lalu bilas dengan air.
  • Jika tanpa air    : Tuang gel, usapkan pada kulit wajah, gosok perlahan dan lembut, bersihkan dengan handuk. 
Saya sudah mencoba kedua cara penggunannya. Buat saya, kalau bicara soal kebiasaan, membilas dengan air memang terasa lebih mantab. Kesannya lebih bersih. Tapi saya juga tetap mencoba memakainya tanpa air. 

Ternyata, baik memakainya dengan atau tanpa air sama-sama memberi efek langsung melembabkan dan mengenyalkan kulit. Efeknya cukup merata baik di bagian wajah saya yang kering maupun yang berminyak. Perbedaannya, jika membersihkan dengan kain atau handuk akan terasa efek lebih moist dikulit tapi tetap  tidak meninggalkan rasa lengket.

Dari situ justru akhirnya saya bikin formula untuk jadwal pemakaiannya. Di pagi hari saya memakainya dengan air. Untuk malam hari saya pakai tanpa air cukup diusap dengan handuk. Biasanya saya pakai sebelum tidur. Jadi selain sebagai pembersih saya fungsikan juga menjadi pelembab wajah ketika tidur. Efeknya, di pagi hari kulit terasa lebih lembut dan kenyal. Boleh dicoba :)

Menjaga Lingkungan?
Sebenarnya poin 'cara penggunaannya' ini adalah salah satu hal yang membuat saya tertarik di awal setelah manfaatnya. Seperti ada pesan terselubung dalam penjagaan lingkungan disitu. Produk skin care yang  mampu membersihkan kulit tanpa air tentu merupakan inovasi yang patut diapresiasi di tengah maraknya kampanye penghematan air. 

Bahkan, meski menggunakannya dengan air pun kita tetap bisa menghemat air. Kandungannya yang soap-free membuatnya tidak membutuhkan air untuk membilas sebanyak jika membersihkan wajah dengan produk bersabun.

Saya sempat mencari lebih lanjut tentang ini di sosial media milik Cetaphil. Dan menemukan bahwa Cetaphil Gentle Skin Cleanser memang salah satu bentuk usaha Cetaphil dalam menjaga kelestarian lingkungan, yaitu menggunakan air dengan bijak. 

Cara Mendapatkannya 
Produk Cetaphil tersedia di Rumah Sakit dan Apotek, juga di toko-toko berikut ini:


 
*** 
Selama hampir 2 minggu menggunakannya, saya terbilang cocok. Mendapat manfaat langsung pada kulit yang semakin bersih, lembab, dan lembut. Efek lembabnya sama seperti ketika saya memakai produk pelembab yang saya buat sendiri dari bahan alami. Bedanya ini tidak perlu mengeluarkan effort untuk membuatnya dahulu, dan dalam satu kemasan berfungsi sebagai pembersih dan pelembab.

Dan tentu saja, dengan menggunakannya secara tidak langsung ikut belajar bijak menggunakan air. Mari merawat dirimu dan alammu:)



Salam, 


Kachan

 

37 comments

  1. Duh, efek lembutnya terasa sampai sini loh mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastinya kak Dilaa, frekuensinya sama sih. cetaphil ini memang selembut hatimu :*

      Delete
  2. Wah, mbak nya menyisipkan pesan menjaga lingkungan. Ya mbak, cocok kalau mau berhemat air, praktis. Cetaphil memang terus mengembangkan inovasinya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, menurut saya ini hal menarik dari Cetaphil selain memang produknya juga oke :)

      Delete
  3. Kulit kita sama-sama sensitif dan sama-sama cocok pakai ini. :)

    ReplyDelete
  4. aku juga suka pake Cetaphil ini, lembut di kulit dan menjaga kelembabannya juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa lembabnya kerasa bgt yaaa..

      Delete
  5. Saya juga pakai ini memang bagus ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyyy samaaa..iya bagus, mbaa turiss :D

      Delete
  6. Waktu itu ngeliat si ini di rak century.. dan belom tergerak hati ini buat ngambil. Wkwkwk xD


    tulisandarihatikecilku.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk yg penting udah ngelirik hahaa

      Delete
  7. T zone emang bikin gemess kalau udah keringetan plus munculan minyak2 berlebih, untung pakai cetaphil yaa mak

    ReplyDelete
  8. Mungkin jerawat nya bukan karena pemakaian merk cleanser A or B, or C.. Tapi produk ini lumayan bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ya mbaa beauty blogger ;*
      btw, kapan2 aku kudu curhat juga ya sama dirimu sial make up dan perawatannya hihi

      Delete
  9. Yah terkena racun deh. Abis baca referensimu aku jadi tergoda buat beli mba... Hahaha :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. ((racuuun)) wkwkkwkw....racun yang mengobati yaa haha..

      Delete
  10. sekilas pernah liat produk ini mejeng di gerai kosmetik yg jual produk mehong...penasaran..nti mau nanya harganyalah...trus coba make..makasih ya mba reviewnya

    ReplyDelete
  11. Jadi pengen beli Cetaphil ini neh

    ReplyDelete
  12. Jadi pengen beli Cetaphil ini neh

    ReplyDelete
  13. Jadi pengen beli Cetaphil ini neh

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo, mbaaa..dibeli dan dicoba tentunyaa ;)

      Delete
  14. Wah fotonya aja dah cling gitu, itu sesudah atau sebelum?

    ReplyDelete
  15. Wah fotonya aja dah cling gitu, itu sesudah atau sebelum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. foto profil? emang dasar udah cling, heheee

      Delete
  16. saya jg pake mbak.... dan cocok banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh banyak yang udah pada nyoba dan cocok ternyata yaa:)

      Delete
  17. Tried it and liked it.. Memang enak produknya. Salam kenal et cheers from NYC :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, beneer hihi.
      salam kenal dr Kota Gudeg mbaa indah nuria :)

      Delete
  18. Bisa buat komedo ya. Jadi ga usah rempong bersihin komedo lagi, pakai ini lebih praktis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa juga. Sebenernya ini pun bukan cuma buat muka aja. Bisa buat mandi, bersihin tangan, komedo, dll XD

      Delete
  19. Replies
    1. monggo2 dicoba siapa tau cocok juga :)

      Delete
  20. Dari reviewnya, produk ini OK banget ya Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang jelas saya seneng dan puas karena cocok hehee...

      Delete

© People & Place • Theme by Maira G.