Sharing Bersama LPPOM MUI di Hokben Restoran Halal

Monday, June 13, 2016 qhachan 6 Comments

HokBen Restoran Halal

Minggu lalu saya mengikuti sebuah sharing yang menarik. Bukan hanya karena temanya namun juga karena penyelenggaranya adalah restoran favorit saya :D

Iya, saya ini salah satu penikmat Hokben garis keras. Saking sukanya saya dengan menu-menu Hokben, dulu salah satu hal yang membuat saya berat pindah ke sini karena di Jogja engga ada Hokben. Alhasil, tiap libur sekolah dan pulang ke Jakarta, Hokben selalu menjadi tempat wajib yang saya datangi. 

2010 menjadi kabar bahagia karena Hokben muncul di Jogja. Dekat kampus pula. Saya ingat betul, sebagai perayaan launching di Jogja Hokben memberikan voucher makan setahun untuk sekian pengunjung pertama. Dan sahabat saya yang ngekos di dekat Hokben ikut antre dari subuh buta. Perjuangannya engga sia-sia. Jadilah kami (iya kami, karena saya juga suka dikasih voucher haha) sering makan di sana sepanjang tahun itu. 

Dalam sharing kemarin, menurut Ibu Kartina, Communication Division Head Hokben sebenarnya Hokben lebih tepat disebut restoran bergaya Jepang dibandingkan restoran Jepang. Model menu makanannya, cara memakannya, dan alat makannya memang ala Jepang. Namun semua  rasa menu hokben disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Nah, pantas saja sampai sekarang cocok dengan saya yang memang kurang suka makanan Jepang dengan cita rasa asli. 

Menu favorit yang bikin saya engga bisa move on dari Hokben adalah Salad dan Mayonaisenya. Enak banget. Asem-asem seger dan rasa mayonaisenya itu melengkapi banget. Ya ampun nulis ini pas siang-siang puasa haha. Makanya, suka sedih kalau liat ada yang makan tapi saladnya cuma di 'ublek-ublek' atau 'colak-colek' Apalagi engga dimakan. Rasanya pengen bilang 'sini buat aku aja'. Hufh.


salad Hokben yang surga dunia :D

set menu
Nah, di Ramadhan ini Hokben membuat menu baru "Omiyage". Ini  merupakan paket menu yang bisa dinikmati untuk berempat atau berenam dengan variasi menu yang lengkap dan praktis. Manis banget ya makan bareng-bareng. Di samping itu, khusus untuk ramadhan sendiri Hokben membuat paket Bento Ramadhan. Paket menu yang dilengkapi dengan minum dan juga jelly.
.
Omiyage - sensasi makan beramai-ramai
 Yang juga tidak kalah menarik, terutama buat saya adalah program 'It's Reading Time'. Setiap pembelian kidzu bento yang dulu berbonus mainan diubah menjadi berbonus buku cerita keren.Isinya bukan hanya cerita tapi dilengkapi juga dengan aktivitas. Yang paling keren sebenarnya niat dibalik ini. Yaitu ingin mendekatkan hubungan orangtua dan anak dengan kegiatan membaca :'). Salut.

It's reading time!

***

Sharing  Bersama LPPOM MUI




Menurut Ibu Osmena Gunawan, Wakil Direktur LPPOM Pusat, dalam proses sertifikasi, bukan hanya bahan yang dicek kehalalannya, namun juga fasilitas, tempat, alat, dan juga sistem di tempat tersebut. 

Pernah kita menjumpai tulisan 'Dilarang membawa makanan/minuman dari luar' di restoran yang bersertifikat halal? Ternyata ini memang salah satu syarat wajib dari LPPOM bagi  tempat yang tersertifikasi halal. Tujuannya sebagai sebuah usaha menghindari unsur-unsur ketidakhalalan yang dibawa dari luar. Duh, saya pikir tulisan tsb hanya motif ekonomi dari sebuah restoran. Ternyata salah. 

Nah, untuk Hokben sendiri sudah cukup lama  tersertifikasi halal dari MUI. Bukan hanya itu, Hokben bahkan meraih grade A dalam sertifikasi halalnya. Sangat membahagiakan ketika tau tempat favorit kita tidak bersimpangan dengan keyakinan kita dalam memilih makanan :)



Beliau mengingatkan jika kita untuk membiasakan bertanya jika merasa ragu dalam kehalalan makanan di suatu tempat. Entah itu di tempat kita berbelanja, di restoran tempat kita menginap, di restoran yang kita datangi, dll. Tentunya dengan cara yang baik. Perihal jawaban mereka ada kemungkinan tidak benar, setidaknya kita sudah berusaha. Jika kita masih ragu, ya sudah tinggalkan. Konsistensi memang benar-benar pilihan. 

MUI sendiri sudah memiliki media informasi halal yang bisa diakses, di antaranya:
  1. Mengakses ke website MUI di www.halalmui.org
  2. Via SMS : dengan mengetik Halal (nama tempat yang ditanya) dan dikirim ke 98555. Tarifnya 1000 rupiah/ sms
  3. Aplikasi HALALMUI di Android, iOS, dan Blackberry

***
Apa yang kita makan akan menjadikan diri kita. Untuk itu berusalah untuk memilih makanan yang sebaik-baiknya.

Salam, 


Kachan  

6 comments:

  1. Waahhh pencerahan sekali... Iya aku kira karena unsur ekonomi yang tidak boleh bawa makan dan minum dari luar. Rupanya aku salah. Hehehe...

    Aku juga cinta saladnyaa.. oohhh enak sekaliii.. :3

    ReplyDelete
  2. Waaaaaa aku seneng bgt coz aku sukkak makan di hokben hwhhee

    ReplyDelete
  3. Enak banget gorengan-gorengan hokben kaccc, ikuuut~~~

    ReplyDelete